Untuk menopang kegiatan pertanian di Kabupaten Jembrana (Bali barat), dimana persediaan air hanya tersedia pada musim hujan, maka dibangunlah Bendungan Benel di Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. Tujuan atau fungsi dibangunnya Bendungan Benel adalah sebagai sarana irigasi didaerah Jembrana. Indahnya Pemandangan di Bendungan Benel menjadikannya sebagai salah satu objek wisata di Jembrana, Bali. 

Bendungan Benel ini terletak kurang lebih 10 km di sebelah barat pusat kota Negara yang bisa ditempuh dengan waktu tak lebih dari 20 menit. Dalam perjalanan menuju Bendungan Benel anda juga pasti tidak akan pernah bosan karena pemandangan sawah yang begitu menghijau dan jalan yang berkelok – kelok selalu menemani perjalanan anda. Jadi tak terasa waktu berlalu anda sudah sampai di tempat tujuan.

Bendungan Benel mulai dibangun pada tahun 2006 dan dapat terselesaikan pada tahun 2010. Bendungan Benel ini diresmikan oleh presiden Republik Indonesia yaitu DR.H. Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 26 januari 2010. Bendungan yang menelan biaya sebesar 107 milyar ini dipercaya mampu menjawab kebutuhan aliran irigasi untuk areal pertanian selama musim kemarau. Bendungan ini dapat mengairi lahan pertanian seluas 1.047 hektare. Bahkan selain itu masih ada nilai tambahan yaitu berupa produksi air untuk kebutuhan rumah tangga yang sangat banyak yaitu mencapai 64 liter perdetik.

Disisi lain Bendungan yang terbilang besar dan luas serta didukung kondisi hutan lindung yang hijau yang sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata. Udara di Bendungan ini juga sangat sejuk karena letaknya di daerah pengunungan dan juga Bendungan Benel memiliki pemandangan yang sangat indah karena dikelilingi oleh banyak pepohonan. Dibawah Bendungan juga terdapat sawah luas yang begitu indah dengan teraseringnya. Sangat cocok bagi anda para wisatawan yang merasa sangat jenuh dengan kehidupan di kota yang begitu sumpek dan banyak polusi. Jadi bila anda mempunyai waktu luang, sempatkanlah diri anda untuk melancong ke Bendungan Benel, Jembrana, Bali.

Bendungan Benel yang terbilang besar ini juga dapat dimanfaatkan untuk usaha perikanan air tawar. Berbagai ikan air tawar seperti ikan mujair, ikan gabus, dan ikan air tawar lainnya terdapat di Bendungan ini. Jadi sangat cocok bagi anda para wisatawan yang gemar ataupun hobi memancing menyalurkan hobinya di Bendungan Benel ini. Dan bagi anda para wisatawan yang merasa penak dengan kehidupan kota, ataupun juga anda memiliki waktu luang tapi tidak tahu harus kemana, anda bisa menghabiskan waktu luang anda di bendungan Benel ini.

Walaupun letaknya agak menjorok kedalam pedesaan namun antusias wisatawan untuk melancong ketempat ini  tidaklah surut. Banyak wisatawan kerap manghabiskan waktu luangnya disini, baik bersama teman, keluarga, maupun pacar.

Dengan kehadiran Bendungan Benel ini dapat diharapkan menambah hasil pertanian di daerah kabupaten Jembrana – Bali dan juga dapat difungsikan untuk mengendalikan banjir.

Didaerah bali barat juga masih banyak teradapat objek wisata lainnya yang bisa anda kunjungi, seperti Pura jagatnatha, Twin Tower, Museum Manusia Purba Gilimanuk, Gereja Palasari, dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya.

Didaerah sekitar Bendungan Benel juga terdapat beberapa rumah makan yang bisa anda kunjungi bila perut anda terasa keroncongan. Salah satunya rumah makan Madina yang terletak di Jl. Udayana (Gilimanuk-Denpasar). Sebuah hotel juga bisa anda gunakan untuk bermalam, yaitu Jimbarwana Hotel yang beralamat di Jl. Udayana No.2

Galeri Foto :

 

Peta menuju lokasi Bendungan Benel :