Ayam Betutu Men tempeh. Siapa yang tak kenal dengan sajian kuliner yang satu ini. Rasa pedas ayam betutu Men Tempeh yang begitu khas dan sangat menggoda selera. Ayam betutu merupakan salah satu kuliner Bali yang sangat terkenal selain lawar dan babi guling.

Ayam betutu di pelopori oleh Men Tempeh di Gilimanuk, yaitu di ujung barat pulau Bali. Beliau mulai membuat ayam betutu dan mendirikan sebuah rumah makan sekitar tahun 1990 yang di beri nama Rumah Makan Ayam Betutu Men Tempeh. Makanan yang disajikan di rumah makan ayam Betutu Men Tempeh ini ada dua macam yaitu ayam betutu dan betutu goreng.

Harga untuk satu porsi ayam betutu relative murah yaitu Rp 65.000 yang sudah lengkap dengan bumbu, sayur, dan kacang. Sehingga membuat orang yang pernah mencicipinya akan merasa ketagihan, apalagi pemilik dan pegawainya selalu menampilkan senyum, ramah, santun dan penuh dengan etika atau budi pekerti dengan penuh budaya Bali. Disamping cara penyajian yang khas, juga tetap mengutamakan kebersihan dan kesehatan.

Selain harganya yang relative murah, ayam betutu Men Tempeh sangat digemari oleh banyak kalangan karena, pertama dari segi pembuatannya ayam betutu Men Tempeh menggunakan ayam kampung sehingga membuat rasa ayam betutu ini sangat nikmat dan gurih, yang kedua dari segi rasa, ayam betutu menggunakan campuran bumbu mentah khas Bali dan menggunakan cabai sehingga rasanya sangat pedas. Sehingga betul – betul bisa menggoyang lidah seolah – olah kita tidak akan pernah merasa puas alias ketagihan.

Rumah Makan Ayam Betutu Men Tempeh yang terletak di banjar Jineng Agung Kelurahan Gilimanuk ini pada hari biasa dapat menjual ayam betutu sebanyak kurang lebih 50 potong perhari. Sedangkan pada hari raya penjualan bisa mencapai 150 sampai 200 potong perharinya. Selain untuk makan diwarung, ayam betutu men tempeh juga bisa di bungkus untuk dibawa pulang dengan bungkusan kotak anyan bambu. Rumah Makan ayam betutu Men tempeh juga menerima pesanan ayam betutu.

Ayam betutu asli men tempeh hanya ada di Gilimanuk yang sekarang sudah diwarisi oleh generasi pertama dari men tempeh yaitu anaknya. Dan rasa serta kenikmatan ayam betutu men tempeh masih sesuai dengan rasa aslinya yaitu rasa pedas, gurih dan nikmat.

Bila anda ingin mencicipi rasa ayam betutu men tempeh, anda bisa langsung datang ke Rumah Makan Ayam Betutu Men Tempeh yang terletak di banjar Jineng agung, kelurahan Gilimanuk, kecamatan Melaya, kabupaten Jembrana, Bali. Tepatnya diterminal lama Gilimanuk, Bali. Karena tempatnya cukup luas, maka anda bisa makan bersama keluarga ataupun rombongan. Rumah makan ayam betutu Men Tempeh terdiri dari tiga ruang makan yang cukup luas yang letaknya cukup jauh dari arus lalu lintas Denpasar – pelabuhan kurang lebih 50 meter dari jalan raya, sehingga suasana terasa aman, nyaman, tidak bising dan jauh dari polusi asap kendaraan yang lewat.

Lokasi rumah makan ayam betutu men tempeh juga tidak jauh dari lokasi pasar Gilimanuk yaitu berkisar 150 meter disebelah barat rumah makan ayam betutu ini. sehingga apabila ingin membeli oleh – oleh atau cinderamata, anda bisa mampir ke pasar Gilimanuk. Sekian sekilas informasi tentang rumah makan ayam betutu men tempeh. Kami yakin anda pasti puas. Terima kasih.

Galeri Foto :

 

Peta Lokasi RM. Ayam Betutu Men Tempeh :

Advertisements