Untuk menunjang keterbatasan sumber air yang dimana sumber persediaan air hanya ada pada saat musim penghujan, maka masyarakat sangat mendambakan agar sarana air dapat tersedia dengan cukup dan teratur untuk dapat meningkatkan usaha pertanian di daerah desa Ekasari dan sekitarnya. Maka dibangunlah sebuah Bendungan yang bernama Bendungan Palasari yang terletak di dusun Palasari, Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. Bendungan Palasari ini dilatar belakangi oleh hutan lindung yang cukup bagus, serta mempunyai hawa yang sejuk. Sehingga Bendungan Palasari cocok untuk wisata Tirtha serta Wana wisata di daerah sekitarnya.

Bendungan Palasari berlokasi 22 km sebelah barat laut kota Negara (pusat kota Jembrana) atau 120 km sebelah barat kota Denpasar, Bali. Dimana pembangunan fisik Bendungan Palasari dimulai pada bulan April 1986 yang memiliki luas genangan waduk 100 Ha dengan volume air 8.000.000 m3 dan dapat diselesaikan dalam waktu 3,5 tahun sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan. Pembangunan Bendungan Palasari menelan biaya sebesar Rp 9 Milyar yang bersumber dari pinjaman Asian Development Bank (ADB). Bendungan Palasari diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Juli 1989.

Tujuan atau fungsi awal dibangunnya Bendungan Palasari adalah sebagai pengendalian bencana banjir dan irigasi. Namun daerah genangan waduk yang cukup luas sangat bermanfaat pula bagi usaha perikanan air tawar. Di Bendungan ini juga terdapat banyak ikan – ikan seperti ikan mujair, ikan nila, gurame, ikan gabus, lele, kaper, udang,  dan masih banyak ikan air tawar lainnya. Bagi Anda para wisatawan yang berkunjung ke Bendungan Palasari, Anda bisa menyalurkan hobi memancingnya di Bendungan ini.

Selain berfungsi sebagai sumber pengairan pertanian, Bendungan Palasari ini juga di jadikan objek wisata. Para wisatawan yang berkunjung atau berwisata ke Bendungan ini tidak hanya sekedar menikmati pemandangan saja, namun bagi para wisatawan yang mempunyai hobi motor cross dan off road dapat menyalurkan hobinya di daerah sekitar Bendungan, karena di area Bendungan ini terdapat area motor cross dan off road. Biasanya pada hari – hari tertentu diadakan perlombaan motor cross dan off road di Bendungan Palasari ini.

Sekitar tiga tahun yang lalu salah satu bank swasta terbesar di Indonesia menjadikan objek wisata Bendungan Palasari ini sebagai tempat syuting iklan yang bertujuan untuk mempromosikan bank swasta tersebut.

Bila Anda berkunjung ke Bendungan Palasari, Anda tidak perlu khawatir untuk masalah tiket masuk tempat wisata, karena pada hari – hari tertentu saja dikenakan karcis masuk ke wilayah Bendungan ini. Harga tiket masuknya pun masih sangat terjangkau yaitu Rp 1000 untuk roda dua dan Rp 2000 untuk roda empat.

Penginapan juga tersedia bagi para pengunjung atau wisatawan yang ingin menginap atau bermalam di daerah Bendungan ini. Tak jauh dari Bendungan ini terdapat sebuah Taman Wana Villas and Spa yang bisa digunakan sebagai alternatif sarana untuk menginap. Namun bila Anda ingin penginapan yang lebih terjangkau, Anda bisa menuju daerah pantai Candikusuma, Jembrana, Bali. Karena disana terdapat sebuah hotel yang bernama Hotel Klarisa yang bisa Anda gunakan untuk bermalam.

Di wilayah Bali Barat juga masih banyak terdapat tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi. Untuk mengunjungi tempat – tempat tersebut, Anda bisa menyewa mobil di Surya Rentcar. Anda bisa menguhubungi di nomor telephone : 081805386001.

Galeri foto :

 

Peta menuju Lokasi Bendungan Palasari :